ANGELINA SONDAKH DALAM BINGKAI MEDIA STUDI ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN KASUS KORUPSI

Astrid Ayu Septaviani, Astrid Ayu Septiani

Abstract


Menjamurnya media online melahirkan persaingan di antara sesama media yang menyebabkan media mengesampingkan objektivitas dalam pemberitaannya. Judul dan isi berita yang bombastis menjadi kekuatan marketing media, terutama pada pemberitaan tentang perempuan. Satu demi satu nama perempuan terseret dalam kasus korupsi. Media online pun berlomba menjadi yang tercepat dalam memberitakan. Guna menarik minat dan perhatian pembaca, tak jarang media menggunakan foto berita dan judul yang berlebihan. Isi berita juga dibuat bombastis
dan berkelanjutan/terkait dengan berita selanjutnya. Namun apakah strategi marketing ini juga diterapkan oleh media online besar? Kompas.com dipilih oleh peneliti karena kredibilitasnya yang positif selama ini, dan gaya bahasa yang dikenal humanis. Kompas pun dinilai objektif karena bebas dari pengaruh kekuasaan dan berada di luar lingkaran politik. Peneliti kemudian meneliti citra dan opini seperti
apa yang dikonstruksi Kompas.com melalui pemberitaannya kepada pembaca? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan Analisis Framing model Gamson dan Modigliani. Peneliti mengambil data dari Kompas.com sejak tanggal 10 Januari hingga 12 Januari 2013, dengan total pemberitaan sebanyak 18 Judul Berita dengan bingkai inti yaitu kejanggalan vonis Angelina Sondakh. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa citra Angie sebagai perempuan kaya prestasi dan sikap yang selalu positif telah bergeser. Dalam bingkai Kompas.com, Angie dianggap telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai anggota Badan Anggaran dan anggota DPR dengan melakukan korupsi.
Kata Kunci : Media Online, Kasus Korupsi, Analisis Framing


References


Alwi, Audy Mirza. 2004. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto

Bourton, Graeme. 2008. Yang Tersembunyi di Balik Media. Pengantar Kepada

Eriyanto. 2007. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Granit.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik Dalam Media Massa. Sebuah

Henslowe, Philip. 2000. Public Relation untuk Bisnis. Jakarta: Lembaga PPM.

Hikmat, Kusumaningrat Purnama. 2006. Jurnalistik Teori dan Praktek. Bandung:

HM, Zainudin. 2011. Melacak Jurnalisme Media Siaran dan Internet. Jakarta:

Rakhmat, Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, Edi dan Mite Setiansah. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Suatu Pengantar Untuk Analisis Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta:

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Wacana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja

Wijaya, Taufan. Foto Jurnalistik. Klaten: Sahabat. Yogyakarta: LKiS.

Rakhmat, Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santoso, Edi dan Mite Setiansah. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Suatu Pengantar Untuk Analisis Studi Critical Discourse Analysis terhadap Berita-berita Politik. Jakarta:

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Wacana, Analisis Semiotik, Dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja

Wijaya, Taufan. Foto Jurnalistik. Klaten: Sahabat. Yogyakarta: LKiS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS