KONSTRUKSI MAKNA FILM SANG PEMIMPI PADA REMAJA DI JAKARTA

Edelweis Putri Prima

Abstract


Artikel ilmiah berjudul “Konstruksi Makna Film Sang Pemimpi pada Remaja di. Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah untuk mengetahui makna dari film Sang Pemimpi bagi remaja di SMA Negeri 79 Jakarta, untuk mengetahui motif remaja di SMA Negeri 79 Jakarta dalam menonton film Sang Pemimpi serta untuk mengetahui makna dari film Sang Pemimpi bagi perkembangan remaja di SMA Negeri 79 Jakarta menurut pandangan Guru SMA Negeri 79 Jakarta dan Komunitas Pecinta Film Indonesia

Hasilnya menunjukkan bahwa makna film Sang Pemimpi bagi remaja di SMAN 79 Jakarta memiliki tiga makna, yakni (1) makna pendidikan, (2) makna persahabatan, dan (3) makna cinta dan kasih sayang. Motif remaja di SMA Negeri 79 Jakarta menonton film Sang Pemimpi adalah (1) motif ingin tahu, (2) motif kompetensi, serta (3) motif prestasi. Makna dari film Sang Pemimpi bagi perkembangan remaja di SMAN 79 Jakarta menurut pandangan guru SMAN 79 Jakarta adalah film ini cocok bagi para siswa/ siswi yang memiliki mimpi, agar mereka termotivasi untuk terus belajar dan berusaha menggapai mimpi sedangkan makna dari film Sang Pemimpi bagi perkembangan remaja di SMAN 79 Jakarta menurut pandangan Komunitas Pecinta Film Indonesia, Film Sang Pemimpi sangat cocok bagi perkembangan remaja karena ceritanya yang sangat inspiratif dan dapat memotivasi para remaja SMAN 79 Jakarta dalam bermimpi dan meraih cita-cita.

Kata Kunci : Konstruksi Makna, Film Sang Pemimpi, Remaja 


References


Ahmadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2007. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (edisi revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Berger, Peter, dan Thomas Luckmann. 1990. Tafsir Realitas atas Kenyataan Sosial. Jakarta : LP3ES.

Bordwell, David dan Kristin Thomson. 1999. Film An Introduction Art. 4th Edition. McGraw Hill.

Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cabecairas, James. 1991. The Multimedia Library: material selection and use. New Yorl: Academis Press

Cutlip, Scott, et. Al. 1985. Effective Public Relations, 6th edition. USA: Prentice Hall, Inc.

Dedy N Hidayat, Konstruksi Sosial Industri Penyiaran : Kerangka Teori Mengamati Pertarungan di Sektor Penyiaran, Makalah dalam diskusi “UU Penyiaran, KPI dan Kebebasan Pers, di Salemba 8 Maret 2003.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju

-------------------------------. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hurlock, E. B. 1990. Developmental Psychology: A Lifespan Approach. Boston: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS