TERPAAN IKLAN ABURIZAL BAKRIE VERSI DUKUNGAN UNTUK PRABOWO DI TV ONE TERHADAP SIKAP KORBAN LUMPUR LAPINDO

Ismojo Herdono

Abstract


Pada pemilu Pilpres 2014 banyak iklan politik muncul di televisi. Iklan politik Aburizal Bakrie versi dukungan untuk Prabowo di TV One termasuk yang paling sering muncul dengan frekuensi tinggi dan telah melanggar peraturan penayangan iklan yang telah ditetapkan oleh KPI. Desa Gempolsari merupakan daerah terdekat terdampak lumpur Lapindo di Sidoarjo. Aburizal Bakrie merupakan tokoh kontroversi terkait dengan kasus lumpur Lapindo.

Artikel ini merupakan eksplanatif, bertujuan untuk meneliti hubungan diantara variabel-variabel dan sejauh mana variasi pada salah satu faktor berkaitan dengan faktor lain. Populasi dalam penelitian ini adalah korban lumpur Lapindo di Sidoarjo yang tinggal di Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah populasi sebesar 3711 orang. Untuk menghitung jumlah sampel dari data populasi, digunakan rumus dari Yamane sehingga diperoleh sampel sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, kepustakaan dan interview. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan bentuk analisa tabel silang dan uji hipotesis menggunakan SPSS (Statistical Product and System Solutions) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara terpaan iklan Aburizal Bakrie versi dukungan untuk Prabowo di TV One dengan korban lumpur lapindo di Sidoarjo. dikarenakan nilai signifikansi 0,01 atau kurang dari 0,05.

Kata kunci : Terpaan, Iklan, Sikap 


References


Ardianto, E.L. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Edwin, Mustafa Nasution dan Hardianus Usman. (2007). Proses Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universtias Indonesia.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Gerbner, G. (1967). Mass Media and Human Communication Theory, Human Communication Theory, Dance, editor, New York: Holt, Rinehart, & Winston.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS