KOMUNIKASI PERSUASIF FUNDING OFFICER (FO) BRISyariah CABANG DIPONEGORO SURABAYA

Ratna Puspita Sari, Dhidin Abdiansyah

Abstract


Bank Indonesia berusaha meningkatkan pertumbuhan per-bank-an Syariah Indonesia melalui grand strategi pengembangan pasar keuangan Syariah. BRISyariah merupakan satu dari sekian banyak bank Syariah. Komunikasi persuasif bertujuan menumbuhkan kesadaran pada diri komunikan tanpa ada paksaan untuk melakukan atau mengikuti apa yang disampaikan komunikator. Unit bisnis berfungsi sebagai ujung tombak bank dalam mencari Nasabah, terdiri dari Funding yaitu sumber dana (modal yang akan dikelola), dan Landing adalah pembiayaan (meminjamkan atau menyalurkan dana). Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi persuasif Funding Officer BRISyariah cabang Diponegoro Surabaya. Analisis ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan cara wawancara terhadap Manager marketing dan Funding Officer untuk menggali informasi, sesuai dengan permasalahan yang diteliti, sehingga diperoleh data yang diperlukan. Kesimpulannya Funding Officer BRISyariah menerapkan komunikasi persuasif dalam memenuhi targetnya. BRISyariah membangun kedekatan dengan memilih calon Nasabah yang sudah dikenal sebelumnya, selanjutnya menggunakan empati untuk mengetahui kebutuhan calon Nasabah, baru menawarkan produk Funding yang sesuai.

Kata Kunci: Bank Indonesia, Perbankan Syariah Indonesia, Funding, Landing, Funding Officer. 


References


Djamaluddin Malik Dedy, Irianta Yosal . Komunikasi Persuasif, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung, Cetakan pertama 1994.

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filisafat Komunikasi. Cet. Ke-3. Citra Aditya Bakti: Bandung. 2003

Emsir, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rineke Cipta. 2010.

More Nick. Cara Meneliti. Penerbit ITB Bandung, edisi kedua 1995.

Mulyana Deddy, M.A., Ph.D. Prof. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung, Cetakan ke 9 ( edisi refisi )Januari 2007.

Notoatmodjo, Soekidjo. Prinsip-Prinsip Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Cetakan. ke-2, Mei. Rineka Cipta: Jakarta. 2003.

Syafi'i Antonio, Muhammad (2001). Bank Syariah, Dari Teori ke Praktik, penyunting Dadi M.H. Basri, Farida R. Dewi, Cet. 1, Jakarta: Gema Insani Press. ISBN 979-561- 688-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS