PERSONAL BRANDING JOKO WIDODO Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No.2 Desember 2013 DALAM BUKU “JOKOWI, SPIRIT BANTARAN KALI ANYAR”

Putri ARD, Putri Aisyiyah Rachmadewi

Abstract


Jokowi adalah sosok pemimpin sekaligus tokoh politik yang fenomenal. Gaya kepemimpinan, ke- pribadiannya, dan terobosan kebijakan maupun langkah politik yang dilakukannya menjadi sorotan publik. Salah satu kefenomenalannya, yaitu ditandai bermunculan banyak buku yang mengulas tentang Jokowi. Buku “Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar” menjadi objek pada penelitian ini karena berhasil menjadi National Best Seller dan terkesan objektif karena disajikan dari sudut pandang jurnalistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku tersebut merupakan buku personal branding Jokowi dan bagaimana personal branding Jokowi digambarkan pada buku tersebut. Penelitian ini menggunakan teori ve brand personality traits yang dikemukakan Kotler & Amstrong (2006) dimana teori ini menyebutkan ada 5 kategori yang terdiri dari 15 indikator brand personality yaitu sincerity (down to earth, honest, wholesome, and cheerful), excitement (daring, spirited, imaginative, and uptodate), competence(reliable, intelligent, and succesfull), sophistication(upperclass and charming), dan ruggedness(outdoorsy and tough). Sample dari penelitian ini yaitu keseluruhan dari populasi (total sampling) yaitu 284 paragraf. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif, yaitu analisis untuk meng- gambarkan secara detail paragraf yang terdapat pada buku berjudul “Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar”, kemudian memasukkannya ke lembar koding lalu ditabulasikan untuk dianalisa dan diinterpretasikan. Kesimpulan yang didapat yaitu, dari dipenuhinya kelima kategori maka buku berjudul “Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar” merupakan buku personal branding Jokowi. Brand personality yang dominan di set- iap kategori yang menggambarkan personal branding Jokowi adalah, karakter down to earth (rendah hati), karakter berani (daring) dan bersemangat (spirited), karakter sukses (succesfully), karakter golongan atas (upperclass), dan karakter ulet (tough). Dari kelima kategori, kategori sincerity (ketulusan) mendominasi kategori lainnnya sebanyak 113 paragraf (39,78%), sedangkan kategori sophistication (keduniawian) be- rada paling rendah dengan hanya 6 paragraf dari total 284 paragraf (2,11%).
Keywords : Jokowi, buku biogra , personal branding, brand personality, content analysis 


References


Agung Wasesa, Silih. 2011. Political Branding & Public Relations, Saatnya Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermartabat. Jakarta :

PT Gramedia Pustaka Utama.

Crainer, S. & Dearlove, D. 2003. The Ultimate Business Guru Book, Capstone Publishing Limited, Oxford, U.K.

Dan. 2000. Komunikasi Politik : Khalayak dan Efek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. 2011. Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.

Fandi; Yanto Chandra; Anastasia Diana. 2004. Marketing Scales. Yogyakarta: Andi.

Gary Amstrong. 2006. Principles of Marketing, Eleventh Edition. New Jersey. Pearson Prentice Hall.

Gelder, Visco Van. 2005. Global Brand Strategi: Unlocking brand potensial, across countries, culture, and market. Kogan Page Limited.

Kertajaya, Hermawan. 2004. Marketing In Venus. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Knapp, Duane E. 2002. The Brand Mindset. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P. And Amstrong, G. 1997. Marketing An Introduction. Fourth Edition. New Jersey. Prentice Hall International.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

M. Kouzes, James and Barry Z. Posner. 2004. The Leadership Challenge. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nimmo, Dan. 1993. Komunikasi Politik : Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosyadi. 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Gra ndo Persada.

Tjiptono, Fandi. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS