KEPUASAN REMAJA SURABAYA DALAM MENGGUNAKAN BLACKBERRY MESSENGER

Putu A. Davis Aruphadattu Wisnu Wardhani

Abstract


Hadirnya smartphone memberi cara baru dalam berkomunikasi. Salah satu smartphone yang paling banyak diminati di Indonesia adalah blackberry, dengan blackberry messenger sebagai tur anda- lannya. Blackberry messenger sangat popular di kalangan remaja Indonesia. Terutama yang berada di kota besar seperti Surabaya. Kepopuleran blackberry messenger di kalangan remaja belum tentu membuat remaja puas dengan tur yang telah ada. Dengan menggunakan teori uses and grati ca- tion, dicari kepuasan yang diingkan atau Grati cation Sought (GS) dalam menggunakan blackberry messenger dan kepuasan yang diperoleh atau Gratification Obtained (GO) setelah menggunakan blackberry messenger dengan menggunakan motif mengkonsumsi media menurut Papacharissi dan Rubin, yang terdiri dari motif seeking information, motif passing time, motif interpersonal utility, motif entertainment, dan motif convenience.

Kata Kunci: blackberry messenger, remaja Surabaya, uses and gratification, Gratification Sought (GS) dan Grati cation Obtained (GO) 


References


Agusli, Rachmat. 2007. Panduan Praktis Koneksi Internet dengan Handphone. Jakarta: Mediakita.

Baran, J. Stanley & Dennis K. Davis. 2000. Mass Communication Theory: Foundation, Ferment and Future. California: Wadsworth Publishing Company.

Biagi, Shirley. 2010. Media/Impact: Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Dewi, Sutrisna. 2007. Komunikasi Bisnis. Edisi 1. Jakarta: C.V Andi Offset.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Ilmu Psikologi UGM.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication. USA: Wadsworth.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Narendra, Pitra. 2008. Metodologi Riset Komunika si: Panduan Untuk Melaksanakan Penelitian Komunikasi. Yogyakarta:

Balai Pengkajian dan Pengembangan Informasi (BPPI) Wilayah IV dan Pusat Kajian Media dan Budaya Populer.

Nasution, Zulkarimein. 1989. Teknologi Komunikasi dalam Perspektif Latar Belakang & Perkem bangannya. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Negroponte, Nicholas. 1998. Being Digital: Menyiasati Hidup dalam Cengkraman Sistem Komputer. Bandung: Mizan.

Pedersen, P. E. and R. Ling. 2003. Modifying adoption research for mobile Internet service adoption: Crossdisciplinary interactions. Hawaii: HICSS.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Santoso, S. 2004. Statistika Parametrik. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.

Severin, Werner J. & James W. Tankard. 2007. Communication Theories, Origins, Methods, Uses. New York: Longman, Inc.

Singarimbun, Masri. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidi kan dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Usman, Hundaeni dan P.S Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: BumiAksara.

Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijaya, Ir. 2000. Analisis Statistik Dengan Program SPSS. Bandung: Alfabeta.

Wimmer, Roger D, dan J.R. Dominick. 2003. Mass Media Research An Introduction. Edisi 7. USA: Wadsworth.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS