IKLAN SEKS DI MEDIA CETAK - Analisis Isi iklan Klasikasi Pijat Kebugaran di harian Memorandum dan Surabaya Pagi

Dian Respati

Abstract


Keberadaan iklan di media seharusnya sudah sesuai dengan Etika Pariwara Indonesia. Sama

halnya dengan keberadaan iklan klasi kasi pijat kebugaran di harian Memorandum dan Surabaya Pagi, seharusnya sudah sesuai dengan Etika Pariwara Indonesia. Namun pada realita masyarakat yang ada, muncul kasus prostitusi yang berawal dari iklan di koran dengan embel-embel iklan pijat di hotel. Karena munculnya berita mengenai kasus prostitusi itulah, maka peneliti menganalisis iklan pijat kebugaran di Harian Memorandum dan Surabaya Pagi. Penelitian ini fokus pada analisis kata- kata yang digunakan sebagai materi iklan di kedua harian tersebut. Selain menggunakan analisis isi, peneliti juga melakukan wawancara terselubung dengan iklan yang ada di kedua harian tersebut. Analisa ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan pijat di kedua harian tersebut sudah sesuai dengan Etika Pariwara Indonesia mengenai peraturan pengiklan. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi media terkait dengan iklan yang ada di harian mereka agar lebih memperhati- kan kebenaran dan keterangan produk yang dijualnya. Metodologi yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan wawancara terselubung. Dari hasil analisis data, telah ditemukan bahwa iklan pijat di harian Memorandum dan Surabaya Pagi melanggar Etika Pariwara Indonesia mengenai peraturan pengiklan. Bukan hanya pelanggaran saja, namun dari hasil wawancara ditemukan bahwa terdapat iklan yang menjual jasa pijat dan praktek prostitusi.Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa iklan di harian Memorandum dan Surabaya Pagi bukan hanya menjual jasa pijat semata tapi juga melayani praktek prostitusi.

Keyword :iklan, prostitusi, analisis isi,pijat, Memorandum, Surabaya Pagi, EPI 


References


Bungin, Burhan. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2001.

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008

Kartini, Kartono. Patologi Sosial, Jilid 1.Jakarta: PT. Raja Gra ndo Persada, 2009.

Krippendorf, Klaus. Analisis Isi : Pengantar Teori

dan Metodologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1991.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006

Mulyana, Dedi. Ilmu Komunikasi. Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2007

Mustofa, Bisri. Metode Menulis Skripsi & Tesis. Yogyakarta: Optimus

Noviani, Ratna. Jalan Tengah Memahami Iklan, Antara Realitas, Representasi dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2002

Rakhmat, Jalaludin. Metode Penelitian Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.

Sobour, Alex. Analisis Teks Media : Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika dan Analisis Framing. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya,2004

Santoso, Riyadi. Semiotika Sosial, Pandangan Terhadap Bahasa. Surabaya: Pustaka Eureka & JP P Koress Surabaya,2003

Suhandang, Kustadi. Periklanan, Manajemen, Kiat & Strategi. Bandung: Nuansa, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2018 LPPM Publisher Stikosa-AWS